MHP Banea

120718 19 Topographical Survey Banea 063 resizeRencana lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Banea terletak di wilayah desa Banea, kecamatan Sumarorong, kabupaten Mamasa, provinsi Sulawesi Barat. Secara topografis wilayah di Kabupaten Mamasa hampir seluruhnya mencirikan kawasan daratan tinggi atau penggunungan dengan kontur yang berbukit-bukit dengan ketinggian 100 m sampai dengan 3000 m diatas permukaan laut, bagian wilayah 1000-2000 m diatas permukaan laut dapat ditemukan di sebagian besar semua wilayah Kabupaten kecuali Kecamatan Messawa, Balla, Mambi dan Rantebulahan Timur. Semantara wilayah Kecamatan Sumarorong sendiri berada pada rata-rata ketinggian 1000 m diatas permukaan laut.

Dari hasil pengukuran didapat bahwa tinggi kotor (gross-head) antara elevasi

muka air di rencana bak penenang dan rencana as turbin adalah sekitar 65.38 m. Sedangkan debiit air ideal untuk perencanaan PLTM Banea adalah debit air pada prosentase kejadian 30%, sehingga dapat dipakai debit rencana sebesar 4.65 m3/detik.maka diperkirakan akan dihasilkan daya keluaran sebesar 2.55 MW.

Saat ini pt. entec sedang menyusun pembuatan Feasibility study berikut dengan Detailed Engineering Design, yang secara paralel dilakukan bersamaan dengan pengurusan lahan dan perijinan, serta mencari calon investor.

Keywords: IPP, minihydro, Banea

___

Service: Feasibilty Study

Comments powered by CComment